oleh

UMGO Target 30 Proposal Lolos Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Untuk Hibah Kemendikbudristek 2022

Kampus Unggul Berkemajuan – Sebelum memulai proses penelitian diperlukan workshop dan klinik proposal untuk para dosen sebagai peneliti agar penelitian yang dilakukan sesuai dengan Roadmap dan desain penelitian yang disusun dapat menghasilkan sebuah karya/produk yang dapat di HKI kan.

Oleh karena itu guna menunjang hal tersebut Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), menyelenggarakan Workshop dan Klinik Proposal Penelitian dengan tema “Meningkatkan Kualitas dan Mutu Proposal Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat untuk Hibah Kemendikbudristek 2022)”.

Workshop dan klinik proposal penelitian ini diselenggarakan pada Sabtu-Ahad 5 – 6 Februari 2022 di Gedung Aula LPPM UMGO Haryono Suryono, yang diikuti oleh dosen UMGO dan adapun narasumber pada kegitan hari pertama pada kegiatan Workshop dan Klinik Proposal yakni Dr. Ir. Abubakar Idhan, MP Reviewer Nasional Kemdikbudristek.

Ketua LPPM UMGO Dr. Moh. Firyal Akbar, dalam sambutannya pembukaan ( 5/2/ 2022) mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh LPPM.

“Namun berhubung kemarin program hibah tidak muncul dan baru muncul tahun ini maka saat ini juga kami melakukan workshop dan klinik penelitian dan proposal.

Dan sekaligus sebagai tindak lanjut dari MOU antara Unismuh dengan UMGO sebelumnya maka LP2M UMGO dan LP3M Unismuh melaksanakan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA),” jelasnya.

Lanjut Firyal, ini adalah implement of agreement, dimana pada MoA tersebut terdiri dari dua yakni klinik dan implement aplikasi.

“Untuk UMGO nama aplikasinya SIMPENMAS (Sistem Manajemen Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), insya Allah kita akan melakukan launching mengingat aplikasi ini akan sangat brermanfaat untuk bapak/ibu dosen, untuk mekanismenya bapak/ibu akan mendapatkan akun dan bisa memasukan juga menyimpan data pada aplikasi tersebut,”tandasnya.

Sementara itu Rektor UMGO Prof. Dr.H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd., saaat membuka kegiatan tersebut sangat mengapresiasi dengan adanya inisiasi dari LPPM untuk menyelanggarakan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat bagi peningkatan mutu dan kualitas dosen terutama dalam bidang penelitian.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkristalisasikan dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Maka kita perlu dibekali pengetahuan dan pengalaman untuk dapat menjalankan kewajiban kita sebagi seorang pendidik yang tidak hanya untuk mengajar tetapi punya tanggung jawab juga kepada masyarakat,”tegasnya.

Rektor UMGO juga berharap dengan adanya workshop dan klinik proposal ini ada Outcomenya dimana bisa target 30 Proposal lolos Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Untuk Hibah Kemendikbudristek 2022,” tutupnya.

Ketua LP3M Unismuh Makassar Dr. Ir Abubakar Idhan, MP selaku pemateri yang merupakan Reviewer Nasional Kemendikbudristek memeriksa seluruh proposal penelitian yang diajukan dosen UMGO untuk diberi masukan, mulai dari metode penulisan, metodologi penelitian, dan strategi penelitian agar bisa lolos.

Salah satunya yaitu penelitian harus multi disiplin ilmu dengan kolaborasi dosen beda disiplin dan penelitian sekarang harus melibatkan mahasiswa sebagai pelaksanaan kurikulum MBKM,” tutupnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UMGO, Wakil Rektor II UMGO Dr. Salahudin Pakaya, Dekan FST Dr. Talha Dangkua, Ketua LPPM UMGO, Dosen-dosen UMGO dan panitia penyelenggara. Jay


Komentar