oleh

UNG Belum Mampu Kuasai Panggung Politik

RGOL.ID, GORONTALO – Benarkah alumni UNG belum menjadi tuan rumah di politik, karena jebolannya belum mampu menjebol dunia politik dengan dahsyat.

Selama ini belum ada alumni UNG yang jadi Bupati maupun Gubernur, bahkan yang jadi pimpinan DPR juga masih bisa dihitung dengan jari.

Sampai saat ini baru Paris Jusuf di Deprov, kemudian Nasir Giasi di Dekab Pohuwato, kemudian Syam T. Ase Ketua Dekab Kabgor, kemudian Hardi Mopangga mantan Ketua Dekab Boalemo. Sementara untuk Wabup, ada Roni Imran yang sekarang Wakil Ketua Dekab Bonbol, Anas Jusuf Wabup Boalemo, kemudian Amin Haras Wabup Pohuwato, demikian pula Lahmudin Hambali, pernah jadi Wabup Boalemo dan sekarang Wakil Ketua Dekab Boalemo.

Tetapi kata Ketua Senat UNG, Profesor Rauf Hattu, politik itu bukan satu tambah satu dua, banyak faktor bagi seseorang untuk bisa berkibar di dunia politik, terutama garis tangan, tetapi kalau yang pegawai, apakah itu di swasta atau di ASN sudah pasti banyak sekali, yang pasti UNG adalah lokomotif SDM di Gorontalo. Pakar politik UNG ini sangat optimis ke depan akan banyak alumni-alumni UNG yang sukses di panggung politik.

Ditanya apakah dia tak tertarik bertarung di arena politik? Akademisi yang suka bicara terbuka ini tersenyum, lalu dengan lirih mengatakan, sebenarnya tahun ini dia berniat maju, tetapi feelingnya belum tepat kalau tahun ini, mungkin pada 2024.

Menyinggung soal Pilbup Pohuwato di mana banyak sekali yang lebih tertarik maju lewat jalur perseorangan, Rauf mengatakan, memang tak mudah maju lewat partai politik, banyak syarat yang harus dipenuhi, karena partai tentu tidak sembarangan memberikan kendaraannya, apalagi kalau mereka juga punya kader.

Sementara kalau lewat jalur perseorangan mudah saja, cukup mengumpulkan KTP, sementara kalau lewat partai harus lewat survey, belum lagi harus mendapatkan partai koalisi. “ini yang saya bilang tadi politik itu sangat ruwet, makanya tak sembarang orang bisa sukses dalam dunia politik,” katanya. (awal-46)


Komentar