oleh

Wabup Gorut Ikuti Sosialisasi Program PTSL Kementerian ATR/BPN

RGOL.ID, GORUT – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Wabup Gorut), Thariq Modanggu mengikuti sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diselenggarakan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), secara virtual, dari ruang rapat Dinas Kominfo Gorut, Kamis (27/1) kemarin.

Sosialisasi yang disampaikan langsung Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil itu, diikuti oleh para kepala daerah gubernur, wali kota dan bupati se- Indonesia membahas pendataan tanah.

Dikatakan Thariq, karena tanah adalah sumber masalah utama terkait dengan program pembangunan, maka pada kesempatan itu, Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil menegaskan dua hal pokok.

“Yang pertama, soal bagaimana kelancaran pendataan tanah agar dengan pendataan tanah yang maksimal, maka pembangunan juga tidak akan mengalami masalah di dalam pelaksanaannya. Kemudian kedua, harapan Pak Menteri kepada pemerintah daerah,” ungkap Thariq.

Ada 5 poin yang kemudian menjadi harapan Menteri ATR/BPN kepada pemerintah daerah.

“Yang pertama, memfasilitasi pemasangan tanda batas bidang tanah, termasuk sempadan, baik sempadan pantai atau sempadan sungai,” imbuhnya.

Kemudian yang kedua menyiapkan data-data yang diperlukan dalam rangka persyaratan pendaftaran tanah.

“Semua data-data kepemilikan atas tanah yang dimiliki oleh keluarga oleh ataupun mengklaim atas itu agar dibantu oleh pemerintah daerah dalam penyampaian data-data,” ujarnya.

Ketiga, melakukan pembebasan atau keringanan BPHTB, dengan harapan mudah-mudahan masyarakat yang mengurus sertifikasi melalui PTSL ini bisa lebih lancar. Termasuk, ikut menyiapkan anggaran untuk membantu PTSL dan sarana prasarana.

“Itu kurang lebih 5 poin harapan Pak Menteri. Sementara untuk di Gorontalo Utara sendiri, sudah kami lakukan bantuan. Di mana, beberapa saat lalu sudah mengundang para camat bersama-sama dengan kepala desa untuk mempercepat pelaksanaan PTSL di lapangan,” tandasnya. (ind-56)


Komentar