abd karim aljufrie

Wali Data Penting Untuk Perkuat Satu Basis Data Terpadu Indonesia

Image

RGOL.ID, GORONTALO – Wali Data penting untuk memperkuat satu basis data terpadu di Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bone Bolango, Misnawaty Wantogia pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten Bone Bolango Dalam Angka Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Bone Bolango di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Senin (20/2/2023).

Misnawaty menjelaskan, dalam rangka mengakomodir Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, maka Kabupaten/Kota hingga Provinsi harus memiliki basis data yang kuat dan terpadu.

“dibentuklah Wali Data di tiap Kabupaten/Kota maupun Provinsi yang didalamnya terdapat Sumber Daya Manusia (SDM) atau orang yang akan mengumpulkan data,” jelasnya.

Misnawaty mengatakan, Kabupaten Bone Bolango sudah membentuk Wali Data yang akan terus  dioptimalkan fungsinya melalui pembinaan ditingkat OPD.

Selain itu, Dinas Kominfo Bone Bolango juga telah menggagas satu platform yang diberi nama Open Data guna merangkum data statistik sektoral dari masing-masing OPD.

“melalui platform ini kami akan mengevaluasi seluruh data yang masuk dari OPD, karena biasanya data yang harus dimasukkan yang sudah menganut metadata atau standar yang sudah ditentukan,” ungkap Misnawaty.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bone Bolango, Suparno  menuturkan, kegiatan FGD tersebut dilaksanakan guna mengklarifikasi dan memverifikasi data-data yang dihasilkan oleh OPD.

“data yang dari OPD di forum ini akan kita  klarifikasi terkait dengan kebenaran dan aktualisasi dari data tersebut,” paparnya.

Suparno juga mengatakan, pihaknya pada akhir Februari nanti akan merilis buku Daerah Dalam Angka yang didalamnya menggambarkan kondisi Bone Bolango secara keseluruhan.

“jadi dalam buku ini ada data kependudukannya, ketenagakerjaan, ekonomi, kesehatan, dan  pendidikan,” tuturnya. (awl-46)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN