oleh

Walikota : Cyber School Harus Sukses

Walikota Gorontalo Marten A Taha ketika melakukan penandatanganan MoU dengan pihak Kapustekom.
Walikota Gorontalo Marten A Taha ketika melakukan penandatanganan MoU dengan pihak Kapustekom.

RadarGorontalo.com – Tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), antara Pemerintah Kota dengan Kapustekom Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Walikota Gorontalo Marten A Taha meminta, guru dan siswa di semua sekolah se Kota Gorontalo, wajib memiliki surat elektronik alias email. Karena dalam program cyber school ini semua aktivitas belajar mengajar, langsung terkoneksi dengan server baik yang nantinya dipasang di Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, atau Gorontalo Comand Center (GCC) Kota.

MoU ini sangat perlu, karena selain pihak Kapustekom memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang Information and Technology (IT), mereka juga memiliki sistem perangkat dari cyber school. Dan ini merupakan bagian dari peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, serta penataan manajemen pendidikan di Kota. Di Tahun Pelajaran (TP) 2016-2017, semua sekolah wajib untuk melaksanakan program cyber school ini, karena program ini bukan hanya memudahkan pemerintah dan lembaga pendidikan.

Tapi meningkatkan kepercayaan masyarakat, terhadap transparansi pelaksanaan program di lembaga pendidikan itu sendiri. “Kota Gorontalo sebelumnya telah melaksanakan program ini, namun belum maksimal. Karena masih ada beberapa kekurangan yang perlu dilakukan pembenahan, baik dari sarana dan prasarananya serta SDM. Nah, melalui kerjasama dengan Kapustekom ini, semoga program cyber school di Kota akan berjalan dengan baik,”pintah Walikota.

Tidak hanya proses belajar mengajar saja, seperti pelaksanaan Unjian Nasional Bebasis Komputer (UNBK), dan penerimaan siswa baru jalur online, yang diterapkan dalam program cyber school. Tapi, pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan penyaluran dana sertifikasi guru, juga sudah harus menggunakan sistem IT. “Dari kerjasama ini, Pemerintah Kota nantinya akan diberikan SDM oleh Kapustekom, untuk menata sistem program cyber school di Kota. Serta melakukan pembekalan terhadap operator-operator yang ada di Kota Gorontalo, setelah itu akan mereka lanjutkan ke masing-masing lembaga pendidikan,”tutur Walikota. (rg-62)


Jangan Lewatkan

Komentar