Walikota Gorontalo Bilang Mendagri Hebat

RGOL.ID PEMKOT – Walikota Gorontalo Marten Taha sangat mengakui apa yang dilakukan Mendagri Tito Karnavian pada penunjukan Pj. Gubernur di semua daerah termasuk Gorontalo.

Jika sebelumnya penunjukan Penjagub langsung dari pusat, maka kali ini Mendagri memberikan ruang pada rakyat lewat DPRD untuk mengusulkan 3 nama ke pusat.

Mendagri nampaknya ingin membuktikan kalau Pemerintah Pusat tidak seperti yang ditudingkan banyak kalangan kalau Penunjukan Pj Gubernur sangat tidak demokratis.

Nah sekarang kran demokrasi sudah dibuka, ini langkah hebat Mendagri, tetapi kalau ini tidak dimanfaatkan dengan sebaik baiknya oleh daerah maka jangan salahkan kalau Mendagri langsung menurunkan lagi Pj Gubernur.

“Waktunya sangat sempit, kalau sampai batas waktu yang telah ditentukan dan daerah belum juga mengirimkan 3 nama yang diminta Kemendagri, maka Mendagri akan menurunkan Pj. Gubernur dari pusat.

Marten mengingatkan, Kemendagri punya penilaiyan sendiri terhadap kinerja para Pj. Gubernur, karena setiap 3 bulan para Penjagub ini dievaluasi.

Dari situ Mendagri bisa melihat siapa yang bisa dilanjutkan dan mana yang tidak. Memang dari penilaian Marten Taha kalau nama Hamka masih masuk dalam 3 nama besar kemungkinan masih akan terpilih.

Tetapi sekali lagi, Kemendagri punya catatan sendiri terhadap kinerja Pj. Gubernur.Ditanya soal Firdaus Dewilmar.

Marten mengatakan untuk menjadi Penjagub tidak mesti dari kalangan birokrat, yang penting memenuhi persyaratan, di Papua Barat Pj. Gubernur dari kalangan polisi, jadi selain polisi juga bisa Jaksa asalkan kepangkatannya setara eselon I.

Sementara soal adanya kabar kalau Walikota Gorontalo itu ikut punya peran memuluskan Hamka bertemu RG, maklum, Marten Taha dikenal sebagai kesayangan Rahmat Gobel, apalagi mereka semua satu pesawat dengan Mikson dan Budi Doku.

Terhadap soal itu, Marten tertawa renyah, lalu mengatakan mereka kebetulan satu pesawat. Marten nengakui sebenarnya dia akan ikut bertemu RG hari itu namun acara pemerintahan yang harus dia hadiri agak molor maka terpaksa hanya lewat telepon saja dengan KK RG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.