oleh

Warga Enggan Melapor. Kematian Sapi Mereka Dihubungkan Dengan Mahluk Halus

RGOL. ID. GORONTALO – Beberapa warga memiliki alasan tersendiri ketika mereka enggan melaporkan perihal hewan ternak mereka mati mendadak.

Menurut Ramli Nani misalnya, kematian sapi sapi mereka sering dikaitkan dengan mahluk halus. ” Ya, biasanya dahulu, karena sering diikat ditengah tengah kebun kelapa (delombongo-red), kadang beberapa sapi mereka mati tiba tiba. Dan itu yang tertanam dibenak warga sini, ” ucapnya.

Kejadian yang demikian bagi warga dianggap biasa itu pula dibenarkan oleh Kepala Desa setempat. Menurut Ono Hamani karena kepercayaan warga sebab musabab mahluk halus Yang menyebabkan sapi sapi mereka mati begitu Yang membuat dirinya tidak mendapatkan laporan. ” Sama halnya dengan kematian sapi sapi kali ini. Karena anggapannya begitu, ya jadi mereka cuek, karena angker dsb,” papar Kades

Akibat menganggap biasa itu semua, bahkan warga setempat pula mengaku sudah mengkonsumsi daging daging ini. ” Ya, tapi kami sampai sekarang sehat sehat saja, Allhamdulillah, ” ucap Ramli.

Dari informasi Yang diambil dari kawasan dusun Marisa Desa Daenaa Limboto Barat tersebut, kematian sapi sapi mereka terjadi kurun waktu seminggu ini pasca lebaran.

” Ada Yang pagi mati tiba tiba, ada juga sore hari, besoknya ada lagi, Dan bahkan sebelumnya sebelumnya ada lagi. Kalau diseputaran kami ini ada 4. Belum tau didaerah lain, ” ucap Ramli santai.

Namun setelah tim dari instansi terkait datang, mereka berjanji akan mendatangi puskesmas terdekat jika ada gejala.

Meski begitu beberapa diantara penduduk setempat sudah menunjukan gejala berupa luka bintul bintul ditangan. Dan mereka ini pula berniat pekan depan akan ke puskesmas untuk berobat. (Qn)


Komentar