oleh

Warga Tolak Pembangunan Waduk Bone Hulu Didesanya

Gubernur Rusli Habibie saat mensosialisasikan program pembangunan strategis salah satunya Waduk Bone Hulu, di Desa Pangi, Kec. Suwawa Timur
Gubernur Rusli Habibie saat mensosialisasikan program pembangunan strategis salah satunya Waduk Bone Hulu, di Desa Pangi, Kec. Suwawa Timur

RadarGorontalo.com – Meski sangat setuju dengan rencanan pemerintah untuk membangun Waduk Bone Hulu di Provinsi Gorontalo, namun masyarakat Desa Pangi dan sekitarnya tetap bersikukuh menolak untuk menjadikan desa mereka menjadi lokasi pembangunan waduk tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh warga dalam sosialisasi pembangunan Waduk Bone Hulu, yang dihadiri langsung Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, di Desa Pangi Kecamatan Suwawa Timur Bonbol, rabu (14/09).

Bahkan saat sosialisasi dari Balai Sungai berlangsung, beberapa warga menyatakan bahwa mereka tidak akan kompromi lagi, dan tidak ingin mendengar lagi penjelasan dari pihak Balai Sungai, karena keputusan mereka sudah bulat yakni menolak dibangunnya waduk tersebut diwilayah mereka. “Kami tidak mau daerah kami dijadikan lokasi pembangunan waduk, silahkan pemerintah cari alternatif lain. Pokoknya kami tetap menolak,” teriak warga yang hadir.

Penolakan ini pun mendapat respon dan tanggapan dari Gubernur Rusli yang menegaskan bahwa pembangunan Waduk Bone Hulu ini sudah masuk dalam prioritas pembangunan nasional, dimana banyak asas manfaat yang bisa diambil dari adanya waduk ini, salah satunya untuk mengatasi banjir yang sering melanda wilayah Gorontalo selama ini. “Namun jika masyarakat menolak dibangun diwilayah mereka, maka saya juga akan menolak pembangunan diwilayah sini. Saya sangat mengerti dengan apa yang dirasakan warga disini. Saya juga sebagai orang asli Bone Bolango, tentunya tidak akan suka jika tempat tinggal saya direlokasi, meskipun diberikan ganti untung. Nanti kita akan bicarakan lagi untuk mencarikan alternatif lain,” kata Rusli disambut gembira warga Desa Pangi, Desa Tulabolo dan sekitarnya.

Gubernur pada kesmepatan itu juga mengatakan bahwa akhir bulan nanti, dirinya akan mengajak perwakilan dari masyarakat dan aparat desa, untuk melakukan studi banding ke Bendungan Bili Bili di Sulsel dan Waduk Jatigede di Jawa Barat, agar masyarakat bisa paham dan mengerti akan fungsi dari pembangunan Waduk Bone Hulu nanti. (RG-25)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar