oleh

Yudisium FKIP UMGO Ke – 3, Rektor Sebut Alumni Memiliki Tanggungjawab kepada Almamater

RGOL.ID – Bertempat di Gedung Indoor David Bobihoe Akib, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) melaksanakan Yudisium Sarjana atas mahasiswa yang berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Yudisium yang berlangsung pada Rabu (8/06/2022) turut dihadiri oleh
Rektor UMGO Prof. Abd. Kadim Masaong, Perwakilan PWM Gorontalo, Wakil Rektor I Prof. Moon Otoluwa, Wakil Rektor II Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III Dr. Apris Ara Tilome, para Dekan-dekan, Kepala-kepala Biro, Kaprodi-kaprodi FKIP, peserta yudisium bersama orang tua.

Dekan FKIP, Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd., dalam sambutan mengatakan hari ini merupakan hari yang spesial karena bisa melaksanakan kegiatan akademik yaitu Pengukuhan Lulusan dalam acara Yudisium Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

” 26 mahasiswa yang di yudisium hari ini telah sah menjadi alumni dan juga berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd), tolong sampaikan salam dan terima kasih kepada orang tua masing-masing mahasiswa yang telah mempercayakan UMGO khususnya FKIP untuk membimbing dan membina anak mereka,”Ucapnya.

Ia melanjutkan, apabila dalam proses panjang dalam menempuh pendidikan ini ada perkataan atau sikap yang tidak berkenan, selaku pimpinan minta maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan, itu semua merupakan bagian dari proses akademik.

Sementara itu Rektor UMGO Prof. Abd Kadim Masaong mengatakan, Sarjana itu adalah orang terpandang yang memiliki gelar karena telah mengikuti proses pendidikan di sebuah universitas apalagi mejadi lulusan guru adalah suatu pencapaian yang membanggakan.

“Karena guru memiliki fungsi dan peran yang sangat penting, guru merupakan tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik. Dalam hal ini, guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tetapi juga pendidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani oleh para muridnya,”Jelasnya.

Rektor melanjutkan, karena itu kita dapat memahami bahwa peran guru sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas.

Selain itu Rektor juga menambahkan kepada para lulusan, almamater merupakan “Ibu Asuh” yang memberikan air susu (ilmu pengetahuan) sehingga mendidikan para lulusan menjadi sarjana.

“Saya berharap bagi para lulusan agar selalu memperdalam bidang ilmu yang sudah digeluti selama proses perkuliahan dan dapat diterapkan dimana saja sehingga bermanfaat bagi masyakarat,”Imbuhnya.

Rektor juga berharap para alumni untuk tidak pernah melupakan almamater FKIP UMGO, akan tetapi selalu mengingat almamater tercinta dan menjaga nama baik almamater dan itu memang sudah menjadi tanggungjawab setiap alumni.

“Salah satu faktor kesuksesan kampus ialah kualitas dari alumni, maka dari itu lulusan UMGO harus berusaha tampil dan memberikan yang terbaik sebagai alumni. Saya yakin bahwa alumni UMGO memiliki kelebihan dari orang lain karena kalian telah dibekali dengan mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK),”Tutupnya.(hms)


Jangan Lewatkan

Komentar