oleh

Ngopi Sambil Beramal di Warkop Amal

-Kota Gorontalo1, news, Pendidikan-369 Pengunjung
PENGUNJUNG warkop amal ramai-ramai belajar mengaji

rgol.id – Ngopi sambil ngobrol itu hal biasa di Warung Kopi (Warkop). Yang luar biasa itu, ngopi sambil beramal. Ini seperti yang terlihat di warkop Amal milik pengusaha muda H. Ramli Anwar.

Kalau dilihat sepintas, menu yang ada di warkop Amal sama dengan warkop-warkop lainnya. Bedanya hanya dilihat dari visinya. Warkop Amal punya visi sosial religius dengan tagline ngopi sambil beramal.

Kok bisa ya ngopi sambil beramal? Bisa saja, karena pengujung yang mencicipi berbagai menu di warkop yang letaknya tepat disamping Masjid Sentral Kota Gorontalo ini, maka uang bayarannya disisihkan untuk membiayai anak-anak panti asuhan Al Islam yang bernaung dibawah yayasan Haji Anwar.

Untuk anak-anak panti asuhan sudah lama berjalan. Yang terbaru ini, ada cara baru yang diprogramkan warkop amal untuk ngopi sambil beramal. Programnya itu belajar mengaji dan membaca ayat-ayat suci Al Qur’an mulai ba’dah sholat Maghrib sampai ba’dah sholat Isya.

Tempat belajarnya di warkop amal, setiap malam Jumat dan malam ahad. Ternyata peminatnya banyak, mulai dari yang belajar Iqro sampai Al Qur’an. Lihat saja kemarin, puluhan pengujung warkop amal beramai-ramai dan terlihat sangat tekun belajar mengaji yang dipandu oleh ketua halaqah (kelas) Halim Monoarfa.

“Belajar Al Qur’an ini keinginan dari pengunjung warkop amal. Sistim belajarnya dimulai dari nol yang dipandu langsung guru pengajian Ustad Haryanto Maliki,” ujar Fahmi diamini Owner warkop Amal Haji Ramli.

Fahmi mengajak kepada siapa saja yang ingin belajar baca huruf Al Qur’an. Sementara itu, salah seorang peserta, Blongkod mengaku senang bisa belajar mengaji. Meski harus mengawali pelajaran dari yang dasar-dasar, Blongkod tidak merasa malu, malah lebih termotivasi. (Youdi)


Komentar