oleh

Yunus Soroti Kinerja PDAM Pohuwato

-Pohuwato-166 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, Kualitas pelayanan serta ketersediaan air minum di Kabupaten Pohuwato yang terus menurun dan sering dikeluhkan oleh masyarakat, membuat Anggota DPR Pohuwato, Yunus Abdullah Usman angkat bicara menyoroti kinerja PDAM Tirta Maleo, Pohuwato.

Polisiti Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan sampai sekarang ini, Direktur PDAM belum mampu menunjukan langkah kongkrit untuk mengatasi berbagai macam persoalan air bersih untuk masyarakat.

“Sekarang justru pasokan air bersih ke masyarakat semakin berkurang. Selain itu, rencana pihak Direksi PDAM untuk mengurangi jumlah karyawan bukanlah langkah yang tepat, ditengah-tengah berbagai macam persoalan yang dihadapi PDAM.

Apalagi penguranganya untuk karyawan ditingkat bawah, tentu akan sangat berdampak terhadap pelayanan,” tegas Yunus, Kamis (3/10) kemarin.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Maleo Khaerudin Usman membenarkan jika pihak PDAM Tirta Maleo berencana untuk melakukan pengurangan ataupun perampingan struktur PDAM.

Hanya saja kata Khaerudin, itu dilakukan mengingat rasionalisasi pekerja ditingkat bawah dan jumlah sambungan yang ada di Kabupaten tidak seimbang. Apalagi dengan pola bayar masyarakat yang sering menunggak membuat PDAM kesulitan membayar gaji karyawan.

“Kami ada standarisasi untuk jumlah karyawan, karena dari peraturan BPSPAM, untuk 1000 sambungan itu ada 4 orang petugas. Sekarang untuk PDAM Tirta Maleo sendiri 17 ribu sambungan, yang idealnya hanya 68 orang, sementara kita punya 132 karyawan.

Kami tentu kesulitan untuk menggaji karyawan, apalagi pendapatan yang tidak maksimal. Harusnya yang dikritisi bukan kebijakan, tetapi bagaimana caranya bisa bersama mendorong kesadaran masyarakat untuk membayar tagihan PDAM.

Terkait dengan berkurangnya pasokan air bersih, saya rasa itu bukan hanya terjadi di Pohuwato, akan tetapi menjadi masalah nasional yang memang dalam beberapa bulan ini mengalami musim kering,” tuturnya, (sel/tr-03)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.