oleh

Zakat Fitrah 1443 Hijriah di Gorut Rp 25.000 per Jiwa

RGOL.ID, GORUT – Besaran zakat fitrah di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) tahun 1443 Hijriah/2022 ditetapkan Rp 25.000 per jiwa.

Sesuai dengan hasil rapat persiapan amaliah-amaliah Bulan Suci Ramadhan dan pembahasan besaran zakat fitrah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut) dengan menghadirkan pihak terkait diantaranya BAZNAS dan MUI Kabupaten Gorut, Kamis (31/3).

“Untuk zakat fitrah tahun ini, nilai zakat fitrah tersebut ditetapkan berdasarkan harga beras dengan kualitas baik seharga Rp 10.000/kg, di kali 2,5 kg sedangkan kalau diuangkan maka besaran zakat fitrah sebesar Rp 25.000 per orang,” ungkap Sekda Gorut, Suleman Lakoro.

Pada dasarnya besaran zakat fitrah tahun ini, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kita sudah empat tahun berturut-turut dengan tahun ini besarannya itu Rp 25.000 per jiwa. Karena memang kita melihat juga harga-harga bahan pokok yang berlaku sekarang,” imbuhnya.

Selanjutnya dengan telah ditetapkannya besaran zakat fitrah ini, Suleman mengimbau kepada masyarakat untuk membayar zakat fitrah.

“Pembayaran zakat untuk disegerakan jangan sampai mepet malam Lebaran Idul Fitri,” imbaunya.

Tak ketinggalan, Suleman pun mengingatkan kepada semua ASN/PNS Pemkab Gorut untuk membayar Zakat Maal/Profesi, terlebih saat ini banyak warga yang membutuhkan manfaat dari zakat tersebut. (ind-56)


Komentar